Ketua Tim Pemenangan Siap Wujudkan Pilkada Berintegritas

Acara talkshow “mewujudkan pilkada Sumbar yang berintegritas” tadi malam bagi saya sangat menarik sekali. Sebelum acara dimulai ada kehangatan yang disuguhkan oleh Bapak Syamsu Rahim ketua tim pemenangan MK-FB dan Bapak Budi Syukur ketua tim pemenangan IP-NA. Mereka berdua datang ke lokasi acara dengan menggunakan satu mobil. Yap, sesuatu fenomena sekali disaat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur “panas” namun mereka sebagai suksesor malah menampilkan kehangatan dan keharomonisan dalam berkomunikasi. Semoga kehangatan ini bisa tersalurkan kepada kedua kandidat dan berdampak positif pada penyelenggaraan pilkada 9 Desember mendatang.

Layaknya sebuah talkshow ada tema yang dibicarakan. Nah pada talkshow ini lebih membahasan kepada proses penyelenggaraan pilkada dan bagaimana mewujudkan pilkada berintegritas bebas dari kecurangan. Pembahasan visi misi sudah duluan dibahas dan dikupas mendalam ketika acara debat. Mengapa lebih mengangkatkan pilkada berintegritas bebas dari kecurangan? Karena dimasa-masa tenang akan banyak pihak yang tidak bisa tenang. Pilkada adalah arena pertarungan sehingga indikasi akan terjadinya tindakan amoral yang mencederai proses pelaksanaan pilkada terbuka lebar. Maka untuk itu perlu berjelas-jelas dengan ketua tim pemenangan masing-masing calon. Karena sebagai suksesor dan “panglima” ketua tim pemenangan punya peran yang lebih besar dalam memainkan strategi memenangkan kandidat.

Hadirnya Bapak Syamsu Rahim dan Bapak Budi Syukur setidaknya memberikan pandangan dan memperlihatkan sikap serta apa yang akan dilakukan ketua tim pemenangan dalam pilkada ini. Karena yang menggerakan orang-orang yang ada di bawah yaitu tim sukses dan ada atau tidaknya strategi juga berada di tangan tim sukses. Ketika diberikan pertanyaan mengenai komitmen untuk wujudkan pilkada Sumatera Barat yang berintegritas, allhamdulillah Bapak Syamsu Rahim dan Bapak Budi Syukur mendukung penuh terwujudkan pilkada yang berintegritas terbebas dari tindakan-tindakan amoral yang mencederai demokrasi di Sumatera Barat. Komitmen yang telah disampikan diperkuat kontrak politik dengan teman-teman mahasiswa. Selain itu mereka berdua menghimbau agar timses yang ada di daerah bekerja professional dan tidak terlibat politik kotor. Merekapun siap kalah dan siap menang serta legowo menerima hasil pilkada pada tanggal 9 Desember mendatang dan tidak akan memperkeruh keadaan melakukan pelaporan ke mahkamah konstitusi.

Komitmen yang disampaikan oleh ketua tim pemenangan masing-masing pasangan calon sangat diapresiasi. Setidaknya telah ada komitmen dari masing-masing ketua tim pemenangan mewujudkan pilkada Sumatera Barat yang aman, tentram dan damai. Tidak terjadinya tindakan amoral (negative campaign, black campaign dan money politics) di tengah-tengah masyarakat. Sehingga pilkada berintegritas yang menjadi keinginan masyarakat Sumatera Barat bisa terwujud.

Sumatera Barat, 6/12/2015

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s