Aspirasi Langit dan Pahlawan Kemaren Sore

Kemaren siang saya mendatangi sekre Bem KM Unand memenuhi undangan Presiden KM Unand adinda Edi Kurniawan untuk berdiskusi. Namun setiba di depan sekre saya melihat pamflet yang terpasang di mading BEM KM dg tulisan sesuai dg foto yg ada di bawah. Satu sisi saya memahami aspirasi yg disampaikan. Namun satu sisi ini adalah hal yg saya tidak senangi. Karena tidak mencantumkan identitas dan lembaga yang ada. Kejadian ini mengingatkan saya ketika maju sebagai calon presiden KM Unand 2015-2016 di mading -mading gedung kuliah dipenuhi pamflet yang bertulisan ketidak percayaan kepda BEM KM Unand dan DPM KM Unand karena dianggap tidak aspiratif. Namun amat disayangkan pamflet tersebut tdk ada identitas yg dicantumkan.

Bagi saya identitas meruapkan suatu yg sangat penting. Karena akan memberikan informasi bahwa yg menyampaikan berasal dari mahasiswa ini, lembaga ini sehingga orang akan tau dari mana dan oleh siapa aspirasi disampaikan. Jika tidak dicantumkan akan muncul pradigma negatif dari orang lain bahwa adanya pengkaburan identitas yang merupakan suatu wujud ketakutan dalam menyampaikan aspirasi.

Mengenai isi “aspirasi langit” ini saya sangat mengahragai namun selama ini ketika korban butuh pelayanan, korban butuh perhatian, butuh advokasi asuransi, dan bus kampus tidak lulus uji KIR dan harus ada alternatif bus lain untuk mobilisasi kawan-kawan mahasiswa ke kampus kawan-kawan kemana saja?? Hari ini teriak-teriak melalui mading-mading tanpa kejelasan identitas dan seolah kawan-kawan adalah pahlwan, selama ini sudah lakukan apa?

Saya dan kawan-kawan pengurus BEM KM periode lalu memang menyadari permasalahan bus kampus belum berakhir karena permasalahanya yang kompleks. Namun setidaknya kita sudah mencoba memberikan pelayanan dengan gerakan skala periorias yang dibutuhkan saat ini (advokasi korban dan perbaikan maintenence bus) dan Allhamdulillah sudah jalan tinggal mengawal proses perjalannya. Selanjutnya masuk ke tahap perbaikan manajemen bus dan membuka dosa-dosa masa lalu yang insyAllah akan dilanjutkan di kepengrusan sekarang. Ketika saya diskusi dengan Presiden dan wakil presiden KM mereka berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan ini.

Mari kita doakan semoga BEM KM 2016-2017 beserta kawan-kawan mahasiswa diberikan kekuatan dan kemudahan untuk berjuang menuntaskan kasus klasik yang ada di kampus tercinta.

Limau Manih, 8/3/2016

Leave a Reply

