Sadari Saja Mereka Hanya Bisa Bicara Dan Bicara

Bicara saja tidak akan cukup mengubah sesuatu yang tidak baik menjadi baik, mereposisi sesuatu yang keluar dari jalur rotasi ke posisi ideal. Bahkan mengubah sebuah kebijakan yang membuat orang lain menjerit hanya dengan modal bicara. Semua itu butuh tindakan nyata dan pengorbanan. Yaa, masalah tidak akan selesai jika hanya modal bicara. Sekali lagi tidak akan selesai. Maka mau tidak mau harus berkeringat turun tangan terlibat langsung dalam pertarungan.

Banyak yang bicara ini bicara itu namun ciut dalam berjuang. Memang mudah menilai suatu permasalahan hanya dengan bermodalkan ucapan namun sukar dalam tindakan. Fenomena inilah yang akan mengikis sebuah tanggung jawab yang seharusnya bisa dikerjakan. Dan fenomena inilah yang sudah mengakar sehingga banyak yang menjadi aktor hanya dengan modal bicara tanpa kerja dan pengorbanan. Menyatakan ini salah, itu salah gampang… tidak perlu mengerluarkan keringat. Namun semua itu tidak akan cukup menyelesaikan sebuah permasalahan. Seorang aktor tidak hanya bicara namun turun langsung di medan pertempuran untuk berjuang, berkeringat bahkan berdarah-berdarah dalam mencapai misi. Kelantangan Soekarno di mimbar tidak akan cukup tanpa diiringi perjuangan dilapangan.

Bicara bicara dan bicara saja akan hanya membuat kebisingan. Dan bicara dan bicara tak akan mampu membuat perubahan. Saatnya turun tangan berkeringat dalam mewujudkan perubahan dan menciptakan kebaikan. Masyarakat hanya meliat apa yang sudah kita kerjakan, kebaikan apa yang sudah dilakukan bukan apa yang kita bicarakan. Karena sentuhan nilai itu berawal dari keterlibatkan diri dalam sebuah pengorbanan dan pengabdian.

Mari hadirkan diri lebih dekat dengan cara terlibat dalam pergulatan di medan perjuangan. Jangan hanya jadi pengamat yang hanya bermodalkan bicara dan bicara. Jadilah aktor yang terlibat diranah perjuangan.

Republik ini lahir bukan banyaknya pengamat yang bicara ini bicara itu tapi banyak aktor (pahlawan) turun ke medan juang rela mati untuk kemerdekaan ibu pertiwi. Kita bagaimana?

Padang, 9/3/2016

Advertisements

2 thoughts on “Sadari Saja Mereka Hanya Bisa Bicara Dan Bicara

    1. Semangat berjuang untuk kita semua dimanapun itu nella.. jangan pernah letih mencintai republik ini.
      Dan terima kasih atas cinta dan kepercayaan kawan-kawan semua..
      #janganlupabahagia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s