Saya dan Buku

Ketika tahun pertama di kampus saya mendapatkan motivasi dari seorang dosen. Beliau mengatakan seperti ini “Salah satu bukti anda seorang mahasiswa adalah banyaknya buku yang anda baca dan banyaknya buku yang anda miliki. Anda akan bangga setelah tamat nanti karena buku-buku tersebut menyertai perjuangan dan menjadi saksi hidup bahwa anda pernah menjadi seorang mahasiswa. Di sisi lain mahasiswa itu identik dengan yang namanya membaca”.

Berangkat dari sana bacaanpun bertambah dan koleksi buku pun meningkat. Namun dari total buku yang saya miliki hampir separuhnya betemakan agama dan filosofi hidup. Ya, sedikit sekali buku bacaan umum apalagi buku-buku yang berorintasikan sosialis, liberalis, seperti Kalr Max, Adam Smith dan lain-lain. Meskipun ada bacaan-bacaan umum palingan buku tokoh nasional yang pernah berjuang membela republik ini (Soekarno, Natsir, Hatta, Agus Salim, Hamka dll)

Membaca juga berbicara mengenai kebutuhan.. Banyaknya buku agama yang saya baca mengindikasikan saya membutuhkan pemantapan dan kematangan jati diri biar jadi sholeh.. 😊

Limau Manis, 11/3/2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s