Mahasiswa Itu Harus Tagok

Mahasiswa memiliki kebebasan dalam menentukan arah hidupnya. Apalagi pada hakikatnya mahasiswa “memiliki” kampus seutuhnya. Dibutuhkan kemandirian kita dalam  mendisain  dan mengonsep langkah. Serta dibutuhkan kesungguhan dan kejelian memanfaatkan waktu yang tersedia. Sehingga ada titik temu antara kesiapan diri kita dengan aktivitas yang akan dilakukan.

Kampus menuntut kita untuk selalu bergerak. Karena banyak aktivitas yang sudah menunggu dan sudah menjadi tanggung jawab kita menyelesaikanya. Sebut saja itu kuliah, tugas besar, pratikum, research dan banyak lagi. Belum lagi aktivitas yang telah menjadi tanggung jawa moral kita yang diwariskan dari peradaban sebelumnya. Padatnya aktivitas tidak jarang membuat kita meler, jenuh, stag dalam melangkah bahkan tidak menyelesaikan tanggung jawab yang seharusnya diselesaikan. Fenomena ini membuat goncangan yang menganggu kenyamanan kita dalam melangkah.

Masalah dalam hidup merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih jika kita berada di titik terendah. Namun jangan terlalut dan melarutkan diri dalam sebuah permasalahan. Kita harus bangkit dan kita harus mencapai titik tertinggi kembali. Ya, sebagai mahasiswa kita harus tagok mengahadapi yang namanya masalah. Karena masalah ataupun tekanan sudah menjadi sunnatullah yang tidak bisa dilepaskan dari yang namanya hidup. Tinggal bagaimana kita membangkitkan diri, keluar dari tekanan yang menyelimuti kita.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangkitkan diri ketika mengalami kondisi seperti ini. Diantaranya mencari hal-hal menarik yang membuat jiwa kita terpacu kembali untuk melangkah. Atau dengan meningkatkan hubungan spiritual kita dengan Allah. Ya, semakin dekat hati kita dengan Allah, Allah juga akan semakin dengat dengan kita. Dan kita perlu yakini bahwa Allah sebaik-sebaik tempat berlindung dan tempat memohon pertolongan. Nah, sederhana selain goncangan bisa terselesaikan, InsyaAllah jiwa akan tagok dan diri kita pun akan semakin sholeh.

Limau Manih,13/3/2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s